MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI POP UP BOOK
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan dan mengetahui kelayakan AKSIPOB (Antikorupsi Pop Up Book) sebagai media pembelajaran antikorupsi. Jenis penelitian ini menggunakan research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model ADDIE. Tahapan dalam pengembangan ini yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Subyek penelitian adalah siswa kelas V (lima) SDN 1 Keputran. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AKSIPOB layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata 86,5% dan dilakukan revisi media, maka media ini masuk kategori baik dan layak digunakan. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata 82,6% maka produk ini termasuk kategori valid dan layak digunakan. Dari validasi tim ahli maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran AKSIPOB termasuk dalam kategori baik dan layak di ujicobakan.